3 Hal Penting Sebelum Proses Maintenance Heavy Equipment

1024 768 adhistya maharani

Perawatan alat berat atau maintenance heavy equipment dilakukan dalam berbagai langkah dan terdiri dari beberapa jenis perawatan. Hal ini bertujuan untuk membuat mesin bisa tetap stabil saat digunakan. Karena itulah ada beberapa jenis perawatan atau maintanance yang harus dilakukan secara berkala untuk menunjang kinerja mesinnya. Proses perawatan ini juga akan membuat mesin bisa memiliki daya tahan lebih lama karena dengan adanya perawatan apalagi perawatan secara berkala, apabila ada masalah ataupun kerusakan pada bagian mesin atau komponen lainnya bisa segera diketahui dan diatasi.

Lebih lanjut lagi, manfaat lain dari proses perawatan alat berat ini adalah untuk menjaga keselamatan dan keamanan di sekitar alat saat digunakan, baik itu untuk operatornya maupun untuk pekerja lain yang berada di sekitarnya. Sedangkan dari segi finansial, proses perawatan ini akan membantu dalam memperkirakan biaya konstruksi sekaligus bisa menghemat penggunaan budget. Namun, sebelum melakukan perawatan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya yaitu:

1. Tempatkan di Tempat yang Keras dan Rata

Hal pertama yang harus diperhatikan saat melakukan maintenance heavy equipmentadalah memarkirkan atau menempatkan unit yang akan dilakukan perawatan di tempat yang rata dan keras. Tujuannya adalah untuk menjaga keamanan dari teknisi yang sedang melakukan perawatan. Selain itu, ketika ditempatkan di area yang rata, teknisi juga jadi lebih mudah dalam melakukan perawatannya.

2. Perhatikan Ventilasi Udara pada Ruangan

Pada beberapa jenis perangkat atau alat berat mungkin membutuhkan ruang tertutup saat melakukan perawatan. Perawatan yang membutuhkan ruang tertutup ini biasanya pada bagian mesin untuk menghindari dari kontaminasi dengan udara secara langsung. Perawatan di ruang tertutup ini bukan berarti tidak mengandung resiko. Karena itu untuk meminimalkan terjadinya resiko, hal utama yang harus diperhatikan saat melakukan maintenance heavy equipmentdi ruang tertutup adalah memperhatikan ventilasi udaranya. Pastikan ventilasi udara di dalam ruangan bekerja dengan baik untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Mencuci Unit Lebih Dulu

Perawatan pada beberapa komponen atau unit alat berat membutuhkan treatment khusus seperti pencucian terlebih dahulu sebelum melakukan perawatan. Dalam hal ini komponen yang biasanya membutuhkan perhatian lebih adalah pada bagian tempat pengisian serta drain oli. Pada bagian komponen ini perlu perhatian khusus karena biasanya kotoran yang tertinggal setelah digunakan dan tidak dibersihkan juga bisa mengganggu performa alat berat.

Proses perawatan alat berat menjadi hal yang sangat penting. Selain untuk menjaga ketahanan dan stabilitas performa, pada beberapa jenis konstruksi, proses maintenance heavy equipment juga dibutuhkan untuk menentukan perencanaan anggaran biaya konstruksi sekaligus bisa membantu dalam membuat biaya konstruksi jadi lebih efektif. Manfaat yang paling penting dari proses maintanance ini adalah untuk menjaga keamanandan keselamatan pekerja selama melakukan pekerjaan konstruksi. Namun, sebelum mulai menjalankan prosedur perawatan, teknisi juga harus memperhatikan hal-hal utama yang harus dilakukan sebelum memulai proses perawatan.

AUTHOR

adhistya maharani

All stories by: adhistya maharani