3 Pesan dari Pemimpin untuk Para Pemimpin Tambang

1024 733 s. amaliya halim

Risono, mantan Vice President of Operations PT Antam Tbk, yang kini menjabat sebagai Presiden Direktur anak perusahaannya yaitu PT Gag Nikel Tbk, memiliki kepedulian yang besar terhadap perkembangan masyarakat Indonesia. Sering kali Risono menginspirasi melalui idenya, juga gagasannya.

Salah satu dari hasil pengamatannya, Risono melihat bahwa sangat penting menjaga reputasi perusahaan tambang. Seperti yang diketahui bahwa perusahaan tambang mempunyai citra yang kurang baik terkait operasionalnya, seperti merusak lingkungan, dan lainnya. Ditambah berbagai informasi yang tidak bisa dipertanggung jawabkan sumbernya sering kali menebar hoax terkait industri ini. Padahal, hal tersebut tidak bisa dipandang sebelah mata.di sisi lain, tambang sangatlah dibutuhkan. Menurut Risono, apakah ada satu benda yang tidak berhubungan dengan pertambangan? Kemudian bagaimana industri pertambangan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar, bagaimana program perusahaan dapat membangun masyarakat sekitar, dan lainnya.

Sehingga menurut Risono, di era media sosial ini ahli pertambangana harus merubah pola komunikasi. Jangan sampai generasi muda terpengaruh oleh hoax dan gagal paham terhadap industri tambang yang sebenarnya adalah kebutuhan.

Kedua, Risono mengatakan “Ahli pertambangan must be better for professionalism, no integrity, no trust and of course no business”. Tentang bagaimana orang-orang yang ada di industri ini harus lebih profesional dan meningkatkan integritas dalam bidangnya. Sehingga kualitas orang-orang di industri ini tetap terjaga.

Ketiga, Risono mengatakan bahwa para ahli pertambangan harus bisa “Do The Best” untuk industri berbasis pertambangan. Sehingga barang tambang dapat menjadi daya ungkit pembangunan, bukan hanya sebagai barang dagangan komoditas semata.

“Professionals will do and always be the best choice for the stakeholders”