4 Hal Penting Membersihkan Alat Berat di Tengah Pandemi Covid-19

1024 645 piya nieta

Menjaga kebersihan diri sangat penting untuk mengurangi resiko penularan virus Covid-19 dan penyakit lainnya. Begitu juga dengan kebersihan benda atau alat yang ditemui setiap hari. Hal ini juga berlaku bagi para operator dan mekanik di site yang sering melakukan kontak langsung dengan alat berat.

Membersihkan alat berat memang sudah termasuk dalam rangkaian maintenance yang harus dilakukan secara berkala. Alat berat yang bersih memiliki umur yang lebih panjang dan performanya pun lebih efisien. Keamanan dan keselatan mekanik dan operator juga lebih terjamin.

Dalam membersihkan alat berat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terutama di tengah pandemi virus Covid-19 saat ini, yaitu:

Tambahkan pemberian desinfektan dalam rangkaian pembersihan alat berat. Gunakan desinfektan terdaftar oleh EPA (Environmental Protection Agency) terutama pada bagian yang sering disentuh oleh operator dan mekanik, seperti joysticks, steering wheel, knobs, floor, handles, grab bars, dan lainnya.

Daftar desinfektan EPA


Untuk komponen listrik, sebaiknya Anda menggunakan fiber cloth yang sudah disemprot desinfektan. Hal ini dapat mencegah bekas yang timbul saat desinfektan yang disemprotkan langsung ke komponen listrik mengering.


Pembersih yang mengandung pemutih juga bisa digunakan untuk membersihkan alat berat, seperti pada bagian undercarriage untuk mencegah penyebaran akar gada yang mungkin menempel. Pemutih juga memiliki sifat sebagai desinfektan karena dapat menghancurkan struktur protein pada virus dan bakteri. Namun, sebaiknya tidak menggunakan pembersih dengan pemutih untuk membersihkan bagian upholstery karena dapat merusak lapisan tersebut.

Perlu diperhatikan, pembersih yang mengandung pemutih dapat berbahaya untuk kesehatan mata dan saluran pernafasan. Hindari juga mencampur bahan pembersih dengan pemutih dengan produk pembersih lain karena dapat menimbulkan reaksi kimia yang menghasilkan gas beracun. Oleh karena itu, poin berikutnya juga tidak kalah penting saat membersihkan alat berat.


Selalu perhatikan keamanan diri saat membersihkan alat berat karena ada kemungkinan tertular virus yang menempel pada alat dan mencegah resiko kesehatan lain yang dapat muncul saat menggunakan bahan pembersih. Gunakan sarung tangan latex/sintetis dan masker terutama ketika pandemi virus saat ini.



Untuk memastikan proses pembersihan alat berat berjalan sesuai prosedur yang berlaku, Anda dapat memanfaatkan salah satu fitur amtiss, “maintenance guide” yang dapat menjadi panduan bagi mekanik di site. Hasil dari proses pembersihan alat, yang termasuk dalam rangkaian preventive maintenance, juga dapat dilaporkan dengan mudah dan cepat menggunakan mobile app amtiss.

Ingin mencoba atau mencari tahu lebih lanjut tentang mobile app amtiss?
Klik di sini atau kirim email ke helpdesk@amtiss.com untuk FREE DEMO.

Ikuti info menarik lainnya seputar alat berat, maintenance alat berat, dan industri terkait di Instagram, Facebook, dan LinkedIn amtiss.

Salam Maintenance Masa Kini!

sumber:
https://internasional.kontan.co.id/news/epa-merilis-daftar-desinfektan-untuk-tangkal-virus-corona-lihat-daftarnya-di-sini?page=2
https://www.epa.gov/

AUTHOR

piya nieta

All stories by: piya nieta