4 Manfaat Utama Sistem Pemeliharaan Alat

1024 576 adhistya maharani

4 Manfaat Utama Sistem Pemeliharaan Alat

Sebagai sebuah standar yang sudah diterapkan dari pabrik atau produsennya, sistem pemeliharaan alat berat pasti memberikan manfaat untuk unit tersebut. Ada banyak manfaat yang bisa didapat jika pemeliharaan terhadap alat-alat berat ini dilakukan secara berkala, seperti beberapa diantaranya ada di bawah ini.

1. Terhindar dari Korosi atau Karatan

Manfaat pertama dari sistem pemeliharaan alat berat ini adalah untuk mencegah alat agar tidak mengalami proses korosi atau karatan. Setiap bahan yang terbuat dari logam jika terlalu sering berinteraksi dengan suhu luar ruangan, maka akan timbul reaksi yang bisa memicu terjadinya proses korosi. Oleh karena itu, dengan melakukanpemeliharaan alat berat secara rutin dan berkala, maka proses terjadinya korosi pada bagian luar alat juga bisa dihindari.

2. Alat Berat Bisa Bertahan Lebih Lama

Manfaat selanjutnya yang bisa didapatkan jika melakukan pemeliharaan terhadap alat berat secara rutin dan berkala adalah bisa membuat alat tersebut bertahan lebih lama. Proses pemeliharaan yang dilakukan secara rutin dan berkala akan membuat masalah maupun gangguan yang terjadi pada alat tersebut bisa diketahui lebih awal. Dengan begitu teknisi juga bisa melakukan perbaikan dini sebelum masalah tersebut semakin parah sehingga bisa menimbulkan dampak lebih besar.

3. Alat Berat Bisa Selalu Siaga

Pemeliharaan secara rutin dan berkala terhadap alat berat juga memberikan manfaat yang sangat besar dalam hal performa alat berat itu sendiri. Dengan perawatan berkala dan rutin, alat akan selalu dalam kondisi siaga saat akan kembali digunakan. Termasuk juga perawatan atau pemeliharaan alat yang benar pasca penggunaan akan membuat alat bisa terus dalam keadaan siaga. Jika Anda sering menemukan alat berat yang tiba-tiba mati saat digunakan, hal ini terjadi karena alat tersebut tidak mendapatkan pemeliharaan yang sesuai. Oleh karena itulah diperlukan pemeliharaan secara rutin agar kejadian tersebut tidak terjadi saat alat sedang digunakan.

4. Spare Part Jadi Tidak Cepat Rusak

Manfaat paling penting dari sistem pemeliharaan alat berat adalah membuat spare part jadi tidak cepat rusak. Saat melakukan perawatan secara berkala, teknisi tidak hanya akan memeriksa bagian luar atau kerangkanya saja, namun juga spare part. Hal ini karena saat melakukan perawatan, spare part juga akan secara otomatis diperiksa sebagai salah satu standar perawatan pada setiap alat berat. Dari pemeriksaan ini akan diketahui apakah ada gangguan atau tidak pada spare partnya.

Alat berat memiliki peran sangat penting dalam proyek konstruksi bangunan maupun pertambangan. Dengan adanya alat berat akan semakin memudahkan pekerjaan dan memberikan efisiensi waktu dan biaya. Namun jika terlalu banyak digunakan, bukan tidak mungkin jika alat berat ini akan mengalami gangguan atau masalah di dalamnya. Karena itulah diberlakukan sistem pemeliharaan alat berat. Sistem ini juga akan memberikan manfaat yang signifikan.

AUTHOR

adhistya maharani

All stories by: adhistya maharani