5 Destinasi Wisata Bekas Tambang untuk Liburan Natal dan Akhir Tahun

1024 645 piya nieta

Libur panjang Natal dan akhir tahun sudah sangat dekat! Apakah Anda telah menyusun rencana liburan? Atau, masih mencari destinasi wisata unik untuk menghabiskan liburan panjang?

Tahukah Anda jika ada beberapa lokasi bekas tambang yang sekarang menjadi tujuan wisata ciamik? (Baca wisata tambang MC Edupark di Jawa Tengah dan Aik Jangkang di Bangka)

Nah, ternyata masih banyak wisata bekas tambang di Indonesia, loh!
Berikut 5 wisata bekas tambang untuk pertimbangan destinasi liburan Anda!

Danau Blingoh, Jepara

Danau Blingoh Jepara

Berawal dari lokasi penambangan batu kapur ilegal, danau ini merupakan kubangan lebar yang dipenuhi oleh air hujan sampai membentuk danau. Berlokasi di daerah Desa Blingoh, Kecamatan Donorejo, danau ini dapat menjadi opsi selain Karimun Jawa ketika Anda ingin ke Jepara.

Selengkapnya..


Bukit & Danau Puthuk Krebet, Tulungagung

Danau Puthuk Krebet Tulungagung

Bertempat di Desa Panggunguni, Kecamatan Pucanglaban, Tulungagung, paduan pemandangan indah dari Bukit dan Danau Puthuk Krebet ternyata berasal dari bekas tambang tembaga dan mineral lainnya seperti emas, timbal, dan arsenik.

Sama seperti Danau Blingoh, Danau Puthuk juga terbentuk dari air hujan yang menggenangi bekas galian. Kandungan arsenik pada air menyebabkan air danau terlihat warna-warni yang menjadi daya tarik lokasi wisata ini.

Selengkapnya..


Tebing Breksi, Yogyakarta

Tebing Breksi Yogyakarta

Anak muda Yogyakarta pasti sudah tahu tentang tebing batu ini! Tebing Breksi berlokasi di Sambirejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta merupakan bekas tambang batu kapur. Batuan ini diperkirakan berasal dari letusan Gunung Apa Nglanggaran dan Gunung Kidul jutaan tahun lalu.

Saat ini, dinding Tebing Breksi sudah dihias dengan ukiran-ukiran dan altar lingkaran untuk pertunjukan di sekitar tebing.


Bukit Jamur, Gresik

Bukit Jamur Gresik

Bukit Jamur merupakan bekas tambang kapur yang beroperasi tahun 1992 sampai 2008 silam ini terletak di Bukit Kaliwot, Bungah, Gresik, Jawa Timur. Bentuk unik menyerupai jamur merupakan hasil dari aktivitas tambang yang sengaja mengabaikan batuan keras yang sulit diambil di puncak tebing. Hasilnya, bagian yang dikeruk hanyalah bagian bawah sehingga membentuk ‘payung’ jamur di puncak.


Lubang Tambang Mbah Suro, Sawahlunto, Sumatera Barat

Lubang Mbah Suro, Sawahlunto

Tambang Sawahlunto baru saja mendapatkan gelar Warisan Dunia dari UNESCO bulan Juli kemarin. Tambang yang beroperasi tahun 1898 sampai 1932 ini merupakan tambang batubara bawah tanah aktif yang dibangun dan dikelola pertama oleh Belanda.

Terowongan Tambang Sawahlunto saat ini sudah direnovasi sehingga dapat dilalui oleh para wisatawan. Selain itu, lokasi wisata satu ini juga telah dilengkapi oleh berbagai fasilitas untuk liburan!
(Baca lebih lanjut tentang Sawahlunto)


Bagaimana? Apakah 5 wisata bekas tambang ini akan masuk ke daftar tujuan liburan Natal dan akhir tahun Anda?

Dapatkan informasi menarik seputar maintenance, alat berat, dan industri pengguna alat berat di amtiss.com! Ikuti juga akun Instagram, Facebook, dan LinkedIn untuk tetap terhubung dengan amtiss.

Sumber:
https://www.brilio.net/jalan-jalan/10-lokasi-bekas-penambangan-yang-kini-jadi-tempat-wisata-ciamik-160121x.html https://ihategreenjello.com/pesona-keindahan-destinasi-wisata-danau_22/
https://www.jejakpiknik.com/danau-blingoh/
https://www.superadventure.co.id/news/19550/tebing-breksi-yogyakarta-spot-eksotis-yang-keindahan-alamnya-luar-biasa/
https://www.beritasatu.com/nasional/274647/ahli-geologi-telaga-warna-tulungagung-mengandung-arsenik


AUTHOR

piya nieta

All stories by: piya nieta