5 Tips Maintenance Mini Excavator

1024 645 piya nieta

Mini Excavator merupakan excavator dengan ukuran paling kecil dengan berat kurang dari 6 ton. Dengan kombinasi fungsi, ukuran, dan tenaga, Mini Excavator termasuk dalam alat berat serbaguna yang banyak digunakan di lapangan.

Mini Excavator

Sama seperti alat berat lainnya, Mini Excavator membutuhkan perawatan atau maintenance yang baik dan proaktif untuk menjaga kinerja dan kesehatan mesin. Bahkan, Mini Excavator yang dirawat dengan sangat baik mampu mencapai umur kurang lebih 10.000 jam!

Nah, apa saja yang harus diperhatikan dalam maintenance Mini Excavator? Tenang, amtiss telah merangkum 5 Tips Maintenance untuk Mini Excavator, yaitu:


Periksa Oli dan Filter

Periksa level dan kondisi oli hidraulik setiap hari. Segera ganti oli sesuai jadwal yang direkomendasikan atau ditentukan oleh manufaktur. Usahakan jangan menunggu sampai oli berubah warna. Periksa juga filter oli untuk mencegah oli tersumbat kotoran. Dengan melakukan hal ini, Anda dapat mencegah pengeluaran tidak terduga yang disebabkan kerusakan mesin mendadak.


Perhatikan Bahan Bakar dan Filter

Periksa bagian pemisah bahan bakar dengan air, begitu juga dengan filternya. Ketidakseimbangan air dan bahan bakar dapat mengurangi kinerja Mini Excavator. Filter bahan bakar yang kotor pun berpotensi menyumbat aliran bahan bakar sehingga menyebabkan mesin tersendat atau bahkan mati tiba-tiba.


Beri Pelumas

Pastikan bagian-bagian bergerak selalu dilumasi dengan pelumas yang cukup untuk mencegah bagian tersebut mengalami keausan dini. Tips tambahan, jika excavator beroperasi di air, ingat untuk mengolesi pelumas sebelum dan sesudah excavator dioperasikan!


Ketegangan pada Track

Track yang longgar atau terlalu ketat dapat menyebabkan manuver yang buruk, kecelakaan kerja, keausan dini sampai kerusakan mesin. Oleh karena itu, pastikan untuk mengecek ketegangan track setiap hari, sebelum dan sesudah pengoperasian di lapangan.


Periksa Boom, Bucket, dan Arm

Selalu periksa kondisi dari ketiga bagian ini untuk mendeteksi retak, bengkok, penyok, dan karat. Segera beri penanganan meskipun hanya menemukan kerusakan kecil pada bagian ini untuk mencegah kerusakan lebih besar di masa depan.


Maintenance memang terlihat memakan lebih banyak waktu dan tenaga, namun Anda akan merasakan manfaat dari maintenance yang rutin dalam jangka waktu panjang! Berkurangnya jumlah breakdown atau downtime mesin mengindikasikan lebih banyak uptime dan produksi yang dihasilkan. Biaya untuk memperbaiki mesin yang rusak atau membeli spare part di luar prediksi pun dapat dikurangi.

Untuk meningkatkan efisiensi maintenance, Anda dapat menggunakan solusi digital seperti amtiss. amtiss mendukung digitalisasi proses maintenance, mulai dari aktivitas planning/scheduling sampai reporting. Dengan basis mobile app dan web app, maintenance Mini Excavator dan alat berat lainnya dapat dilakukan lebih cepat dengan memanfaatkan koneksi internet.

amtiss juga menyediakan fitur notifikasi sehingga maintenance selalu berjalan sesuai jadwal yang telah ditentukan. Adanya fitur WO dan WR pun memudahkan dan mempercepat penyampaian tugas dan request antara lapangan dengan kantor pusat.

FREE DEMO amtiss

Ingin mengetahui lebih lanjut tentang fitur lainnya dari amtiss? Segera hubungi kami melalui WA atau email dan dapatkan FREE DEMO langsung dari tim kami.

Dapatkan informasi menarik lainnya tentang alat berat, maintenance, dan industri pengguna alat berat hanya di amtiss.com. Ikuti juga kami di Instagram, Facebook, dan LinkedIn untuk tetap terhubung dengan amtiss.

Salam Maintenance Masa Kini!


Sumber:
https://www.forconstructionpros.com/equipment/earthmoving-compact/mini-excavators/article/10292032/compact-excavator-maintenance
http://info.texasfinaldrive.com/shop-talk-blog/hints-for-inspecting-a-used-mini-excavator

AUTHOR

piya nieta

All stories by: piya nieta