7 Tambang Emas Terkenal di Indonesia

673 373 s. amaliya halim

Emas memang menjadi salah satu sumber daya alam paling berharga di seluruh dunia. Dan di Indonesia sendiri sudah ada beberapa tempat untum menambang emas yang sudah terkenal hingga ke dunia.

udah menjadi rahasia umum jika Indonesia saat ini adalah salah satu negara dengan berbagai sumber daya alam sangat luar biasa banyak. Bahkan sumber daya alam tersebut tak terbatas pada beberapa hal saja karena hampir merata semua tersedia di negara Indonesia dengan baik. Hasil tambang adalah salah satu hasil yang paling banyak di Indonesia dan tergolong sangat penting keberadaanya.

Hampir semua jenis dari logam-logaman dan beberapa tambang penting lainnya dimiliki oleh Indonesia. Tempatnya sendiri sudah tersebar merata dari sabang hingga merauke. Beberapa tambang yang terkenal adalah tambang dari timah, perak, bauksit, emas, alumunium, kuningan dan beberapa bebatuan permata yang memiliki nilai tinggi. Berikut ini adalah beberapa tempat tambang emas terkenal di Indonesia hingga dunia.

  1. Halmahera – Tambang Emas Gosowong


Tempat ini menjadi salah satu tempat penambangan emas yang secara resmi dikelola langsung oleh BUMN di bawah naungan PT Aneka Tambang. Untuk kerjasama dengan pihak asing sendiri adalah dengan perusahaan Newcrest. Di tempat ini tidak hanya emas yang ditambang namun juga perak. Dari hasil catatan sementara ini, setelah tempat tambang ini dibuka selama 20 tahun lamanya sudah ada lebih dari 20 juta ons biji emas yang sudah sukses diangkat dari dalam perut bumi.

  1. Tapanuli Selatan – Tambang Emas Martabe


Salah satu tambang emas dikawasan Indonesia Timur ini juga menyimpan sangat banyak biji-biji emas. Untuk catatan yang di dapatkan dari tempat penambangan Tambang Emas Martabe ini ada sekitar 32 juta ons biji perak dan 3 juta ons biji emas. Penambangan di tempat ini sudah di buka sejak tahun 2013 silam.

  1. Puncak Jaya – Tambang Grashberg


Tambang emas di Tambang Grashberg ini adalah salah satu tambang yang terus menjadi sorotan. Tambang Grashberg ini dikelola langsung oleh PT. Freeport dan terus menjadi polemik dengan berbagai permasalahan sistem dan kerja sama di dalamnya yang hampir sebagian besar dikuasai perusahaan asing.

  1. Kalimantan Tengah – Tambang Emas Desa Pujon


Terletak di daerah Kapuas, tempat ini menawarkan sangat banyak tambang biji emas yang terus diangkat dari dalam perut bumi. Tempat ini benar-benar sangat terpencil dan sangat jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

  1. Jawa Barat – Tambang Emas Cikotok


Tempat penambangan ini berlokasi di tempat yang cukup terpencil dan diprediksi terus menawarkan potensi untuk menjadi tambang besar karena hasilnya sangat luar biasa.

  1. Maluku Utara – Tambang Emas Kencana


Tambang emas di daerah ini sangat berbahaya karena aktivitasnya rata-rata dilakukan di bawah tanah. Tentu resiko terbesar para penambang adalah bisa terkubur hidup-hidup akibat longsoran tanah diatasnya. Dari catatan yang ada, di tempat ini sudah mendapatkan 4,63 juta ons emas murni.

  1. Sumbawa – Tambang Emas Batu Hijau


Berlokasi di Batu Hijau, Pulau Sumbawa tempat ini membawa berbagai potensi besar untuk penambangan di Indonesia. 2,77 juta ons emas murni sudah diangkat dari tempat ini. Untuk operasional tambang ini sudah dibuka sejak tahun 2000 silam.

Sources: vebma