Bagian Excavator yang Harus Dicek Saat Inspeksi

1024 645 piya nieta
tips inspeksi excavator
Ilustrasi Excavator

Inspeksi wajib dilakukan untuk memastikan alat berat layak untuk dioperasikan. Selain meningkatkan produktivitas dan memperpanjang umur alat, inspeksi juga dapat menjamin keselamatan operator bersangkutan. Pada blog kali ini, amtiss akan membahas bagian penting untuk dipertimbangkan saat melakukan inspeksi pada Excavator.

Excavator merupakan salah satu jenis alat berat yang umum digunakan untuk berbagai proyek, terutama untuk earth works. Alat yang disebut juga Digger ini memiliki bagian yang tidak boleh terlewat untuk dicek saat inspeksi, yaitu:

  1. Bucket
    Perhatikan jika ada yang tampak abnormal (penyok, karat) pada bucket.
  2. Hydraulic Cylinders
    Jika menemukan oli pada permukaan cylinders, waspada akan kebocoran!
  3. Arm & Boom
    Periksa cacat seperti retak pada las antara arm dan boom. Sangat berbahaya jika retak kecil dibiarkan karena alat bekerja mengangkat beban yang berat.
  4. Semua Pin yang ada pada bucket, boom, dan arm
    Selalu berikan grease regular untuk menghindari aus dan karat pada bagian ini.
  5. Cabin
    Cek apakah ada retak, penyok, dan karat pada seluruh bagian cabin. Periksa juga rem dan klakson dapat berfungsi dengan baik.
  6. Mesin
    Perhatikan tanda kebocoran pada pompa hidrolik, selang, fitting, dan valves.
  7. Counter Weight
    Keseimbangan dari alat dan beban yang diangkat bergantung pada bagian ini. Ingat untuk selalu periksa posisi maupun kondisi counterweight!
  8. Front Idler
  9. Guide Rollers
  10. Pins and Bushings
    Periksa apakah pins dan bushings mengalami keausan berlebihan.
  11. Roller Frame
  12. Roller Crawler

Ingin mendapatkan info dan tips lainnya seputar maintenance alat berat? Ikuti terus udpate dari blog dan media sosial amtiss di Instagram, Facebook, dan Linkedin.


Ingin memaksimalkan maintenanc alat berat Anda? amtiss punya solusi digital yang tepat hanya untuk Anda! Segera kirim email ke helpdesk@amtiss.com dan dapatkan FREE DEMO amtiss!

AUTHOR

piya nieta

All stories by: piya nieta