Bukit Jaddih: Area Pertambangan di Madura yang Kini Menjadi Tempat Wisata Hits

654 450 s. amaliya halim

Sejumlah alat berat melakukan penambangan batu kapur di Bukit Jaddih, Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Minggu (5/3). Batu kapur yang masih digunakan sebagai dinding dan pondasi bangunan rumah tersebut dijual dengan harga Rp250 per buah. ANTARA FOTO/M.Risyal Hidayat/pd/17

Tidak selamanya pertambangan meninggalkan kesan buruk. Seperti salah satu kawasan di Kabupaten Bangkalan, Madura, sebuah kawasan bekas tambang yang kini mendadak menjadi tempat wisata yang ramai. Adalah Bukit Jaddih, tempat ini terletak di desa Jaddih dan merupakan kawasan tambang batu kapur.

Batu kapur itu awalnya adalah lokasi penambangan batu kapur. Bahkan masih ada sedikit warga yang aktif menambang. Kemudian keindahan alamnya dialihfungsikan sebagai tempat wisata untuk umum. Ditambah dengan dibangunnya kolam renang Goa Potte di dekat area tambang dan memanfaatkan area bekas penambangan yang sudah tidak digarap. Kemudian keunikan Bukit Jaddih ini disebut-sebut sebagai Cappadocia di Turki versi Indonesia.

Sources: wisatalah.com

Bisa dilihat bagaimana bukit kapur dengan pola yang tidak beraturan. Ini merupakan hasil dari pahatan tambang. Juga kolam biru di tengah bukit yang merupakan galian bekas tambang yang membentuk kolam dan mengeluarkan air dari bawah batuan kapur. Bekas operasional tambang ini pun menjadi destinasi wisata yang indah.