Expert Said #5 Feriwan Sinatra: “Besarnya Cost Operational Menunjukkan Seberapa Baik Mengelola Alat”

604 270 s. amaliya halim

Memimpin bisnis di industri tambang yang penuh ketidakpastian, Feriwan Sinatra mengatakan bahwa perusahaan harus beroperasi berlandaskan operational excellence. Feriwan yang kini menjabat sebagai Direktur Utama PT Cipta Kridatama ini mengatakan bahwa perusahaan harus tau bagaimana beroperasi secara aman, efisien, dan produktif. Aman, artinya rendah angka kecelakaan operasionalnya. Kemudian efisien, tentang bagaimana sebuah perusahaan dapat membuat perencanaan atau planning yang reliable. Seperti mempertimbangkan struktur geologinya, jumlah batubara, hingga alat yang cocok digunakan, juga pertimbangan cuaca di Indonesia. Setelah itu untuk mencapai produktif, Feriwan yang pernah menjabat sebagai General Manager Mining Operation di PT Kaltim Prima Coal mengatakan bahwa selain perencanaan tempat kerja yang baik, pemilihan pengawas untuk operasional perusahaan sangatlah penting. Harus kompeten, memadai, berperilaku baik, dan yang mempunyai semangat kerja tinggi.

Menurut Feriwan, perencanaan adalah hal yang akan menentukan kesuksesan sebuah perusahaan.  Apalagi sebagai kontraktor pertambangan, diakui Feriwan ini merupakan bisnis yang high risk, high capital, namun membutuhkan investasi yang tinggi, salah satunya pada alat berat. “Bagaimana kita memiliki alat yang mahal ini, dapat dioperasikan dengan utilisasi dan produktivitas yang tinggi,” jelas Feriwan. Menurutnya, alat adalah modal utama kontraktor tambang. Bahkan diakui pengeluaran tertinggi operasional adalah untuk repair dan maintenance alat-alat tersebut. Sehingga menurut Feriwan, tinggi rendahnya ongkos operasional itu akan menunjukkan seberapa baik sebuah perusahaan dalam mengelola alat-alat tersebut.

Yang dimaksud mengelola alat-alat, terdiri dari bagaimana jadwal perawatannya, jumlah sumber daya manusia yang mengelolanya, kompetensi pengguna alatnya, hingga penggunaan sistem yang dapat membantu melihat performa alat secara real time dan akurat. Tidak hanya itu, Feriwan juga menegaskan bahwa Performa perusahaan merupakan konsolidasi dari 8 site yang PT Cipta Kridatama miliki, sehingga dibutuhkan update yang tiada henti. Baik setiap hari, rapat mingguan dan bulanan, hingga kunjungan ke lapangan secara periodik.

Untuk para pebisnis tambang, Feriwan yang juga pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Reswara Minergi Hartama hanya berpesan bahwa setiap perusahaan harus siap dengan kondisi yang penuh ketidakpastian ini. Sehingga setiap perusahaan wajib yang namanya memperhatikan Operational Excellence .