[INFO] Hal Penting Tentang Mini Excavator

1024 645 piya nieta

Proyek konstruksi maupun tambang pasti tidak asing dengan Excavator. Bagaimana tidak? Setiap pekerjaan penggalian selalu mengandalkan alat berat yang memiliki sistem hidraulik ini.

Excavator sendiri terdiri dari berbagai ukuran, mulai dari besar sampai mini. (Baca tentang ukuran excavator)

Mini Excavator Caterpillar
Mini Excavator

Mini Excavator atau disebut juga Compact Excavator, merupakan excavator dengan ukuran paling kecil dibanding excavator lainnya. Mini Excavator dapat dioperasikan pada berbagai tempat ataupun dalam ruangan untuk berbagai jenis proyek, misalnya untuk memperbaiki saluran air, instalasi kabel listrik bawah tanah, menghancurkan bangunan kecil, dan pekerjaan menggali lainnya.

Ukurannya yang kecil dapat mengurangi kerusakan pada top ground dan mudah untuk dipindahkan. Tenaga yang diperlukan untuk mengoperasikan Mini Excavator juga lebih hemat.

Pengoperasian Mini Excavator kurang lebih sama dengan excavator biasa. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar Mini Excavator dapat mencapai umur maksimal, seperti:

  1. Batas Mesin
    Mini Excavator memiliki batas angkut (load) variatif sesuai dengan ukuran alat dan bucket. Cek kembali buku manual dan pastikan load maksimal untuk Mini Excavator. Ingat, overload dapat menyebabkan kerusakan pada Mini Excavator dan bahaya bagi orang sekitar mesin.
  2. Track yang Tepat
    Selalu sesuaikan jenis Track yang digunakan dengan kondisi lapangan. Hal ini dapat meminimalkan kerusakan atau keausan cepat pada track dan mencegah kecelakaan kerja.
  3. Safety!
    Meskipun ukurannya lebih kecil dari ‘keluarganya’, Mini Excavator juga dapat berbahaya. Pastikan Anda telah mengikuti training dan manual yang ada. Selain untuk meminimalkan kecelakaan kerja, hal ini juga dapat meminimalkan kerusakan pada Mini Excavator.
  4. Maintenance
    Sudah menjadi hal wajib dilakukan untuk memperpanjang umur alat berat, termasuk Mini Excavator. Rencanakan dan laksanakan maintenance rutin untuk Mini Excavator Anda. Dengan maintenance yang proaktif, Anda dapat menghindari breakdown atau downtime dini.

Mini Excavator yang dioperasikan dan dirawat dengan baik tentu akan memberikan produksi yang lebih maksimal. Rentang uptime mesin akan lebih lama dengan frekuensi breakdown yang rendah. Manajemen biaya untuk Mini Excavator juga menjadi lebih efisien karena berkurangnya pengeluaran tiba-tiba untuk perbaikan tidak terjadwal.

Dapatkan informasi menarik lainnya tentang alat berat, maintenance, dan industri pengguna alat berat hanya di amtiss.com. Ikuti juga kami di Instagram, Facebook, dan LinkedIn untuk tetap terhubung dengan amtiss.


Sumber:
https://www.turfmagazine.com/maintenance/secure-digging-8-safety-tips-for-mini-excavators/
[foto] cat.com

AUTHOR

piya nieta

All stories by: piya nieta