INVENTORY MANAGEMENT

1024 683 adhistya maharani

Learning how to keep track of inventory and cash flow and creating an income statement and a balance sheet are great skills to learn for managing existing businesses.

Steve Blank

Management inventory merupakan salah satu aset penting bagi perusahaan. Management inventory adalah pengelolaan stok barang atau sparepart yang disimpan untuk kebutuhan tertentu. Dalam satu perusahaan bisa terjadi pemborosan budget apabila tidak memiliki management inventory dengan baik. Salah satu fungsi management inventory adalah untuk menyeimbangkan antara biaya perusahaan dengan biaya pengadaan barang (sparepart).

Sparepart merupakan salah satu hal penting dalam hal maintenance atau perawatan mesin alat berat. Karena sparepart adalah salah satu kunci alat berat beroperasi setiap harinya. Sparepart disimpan dengan baik di inventory untuk service berkala alat-alat berat di lapangan.

Lalu bagaimana jika sparepart yang dibutuhkan tidak tersedia? Atau ketika sebagian sparepart alat berat mengalami kerusakan, dan di waktu yang sama inventory menyediakan stock sangat minim. Bayangkan saja, hanya karena satu atau dua bagian yang mengalami kerusakan, alat berat seperti Excavator misalnya, bisa terjadi breakdown. Tentu hal ini akan mengarah kepada pembelian alat berat unit baru dan proses produksi akan terhambat. Apalagi perusahaan harus membeli sparepart yang sangat mahal dengan budget diluar perencanaan.

Amtiss memiliki beberapa module yang dapat membantu jalannya perusahaan dalam pengelolaan asset, sparepart, hingga management untuk maintenancenya. Salah satu modul yang ditawarkan oleh amtiss adalah module Inventory Management dengan fungsi dan fitur sebagai berikut :

  • Sparepart Management

Manage dan monitor keluar masuknya sparepart serta mengatur stok minimum & maksimum part

  • Consume Tracking

Permintaan pemakaian part yang sudah ada stoknya di gudang dan dapat melakukan approval secara online

  • History Movement Part

Pencatatan riwayat perpindahan part

  • Analyze Part Consumption

Data analytic untuk mengetahui aset mana yang banyak atau sering mengonsumsi part

AUTHOR

adhistya maharani

All stories by: adhistya maharani