Keuntungan Mekanik & Operator Menggunakan Sistem Manajemen Maintenance Alat Berat

1024 645 piya nieta

Maintenance memang sangat diperlukan alat untuk menjaga kualitas alat maupun produktivitasnya, misalnya dengan disiplin inspeksi dan periodical service. Saat ini, banyak sekali solusi yang ditawarkan berupa sistem yang dapat membantu manajemen maintenance alat berat agar lebih efektif dan efisien. Membeli atau memasang sistem baru kadang terdengar “mahal” dan menyulitkan karena membuat Anda sebagai operator dan mekanik harus beradaptasi. Namun, tahukah Anda berbagai manfaat dari pengaplikasian sistem manajemen maintenance pada pekerjaan Anda?

Manfaat Sistem Manajemen Maintenance Alat Berat
Ilustrasi Menggunakan Sistem Manajemen Maintenance di Lapangan

Nah, berikut 6 dari banyak manfaat menggunakan sistem manajemen maintenance alat berat untuk Anda, mekanik atau operator lapangan:

  1. Digitalisasi & Efisiensi Inspeksi
    Inspeksi adalah hal wajib dikerjakan sebagai langkah awal maintenance. Dengan sistem, inspeksi dapat dilakukan dengan lebih cepat dan praktis tanpa butuh membawa tumpukan kertas. Hanya dengan perangkat mobile, seperti smartphone/tablet, mekanik dan operator dapat melakukan inspeksi dengan mengisi form yang sudah tersedia pada aplikasi. Laporan inspeksi yang di-input melalui aplikasi mobile juga terintegrasi dengan sistem perusahaan. “Sekali dayung, dua-tiga pulau terlampaui”, kan?
  2. Standarisasi Inspeksi
    Setiap alat memiliki langkah inspeksi berbeda. Dengan sistem, panduan inspeksi dapat di-input ke dalam aplikasi mobile sehingga mudah diakses oleh mekanik atau operator di lapangan. Tidak ada lagi kegiatan membolak balik kertas untuk mencari satu informasi. Sangat hemat waktu, bukan? Kualitas inspeksi pun terjaga!
  3. Kemudahan Akses Laporan
    Setiap laporan yang dibuat menggunakan aplikasi mobile akan masuk ke sistem dan dapat diakses oleh para PIC bersangkutan. Bukan tidak mungkin jika mekanik A ingin melihat laporan inspeksi excavator yang dilakukan oleh mekanik B. Tingkat manajerial pun dapat mengakses laporan di mana pun dan kapan pun asal memiliki perangkat dan koneksi internet.
  4. Remote Area‘? Oh, bukan masalah!
    Beberapa sistem menawarkan aplikasi mobile yang memiliki fitur Offline-mode, seperti amtiss. Dengan fitur ini, mekanik dan operator di lapangan tetap dapat menggunakan aplikasi mobile meski berada di lokasi yang kurang atau tanpa sinyal internet. Data-data yang telah di-input dalam aplikasi mobile dapat di-upload nanti ketika berada di wilayah dengan koneksi internet.
  5. Approval yang ‘Ngebut’
    Laporan permintaan untuk maintenance, spare part, dan lainnya dapat di-approve oleh atasan jauh lebih cepat dibandingkan tanpa sistem. Downtime alat menjadi lebih singkat, produktivitas pun terjaga!
  6. Tenang dengan Reminder Notification
    Periodical Service dapat dilakukan sesuai jadwal yang sudah ditentukan tanpa terlambat karena adanya notifikasi pengingat yang terkirim langsung ke email PIC bersangkutan. Anda pun dapat tidur dengan tenang tanpa was-was lupa melaksanakan periodical service alat.

amtiss, salah satu perusahaan solusi dengan sistem manajemen maintenance yang dapat diakses menggunakan web maupun aplikasi mobile. Fitur-fitur di dalamnya dapat mendukung berbagai aktivitas, mulai dari inspeksi, pembuatan laporan, pembuatan permintaan (request), pemberian perintah kerja, pendataan, dan masih banyak lagi.

Jika perusahaan Anda membutuhkan efisiensi dalam manajemen dan maintenance alat berat, segera konsultasikan pada kami melalui email ke helpdesk@amtiss.com.

Dapatkan pengalaman menggunakan amtiss dengan FREE DEMO dari kami!

Ikuti juga amtiss di Instagram, Facebook, dan LinkedIn untuk informasi terbaru seputar maintenance alat berat!

AUTHOR

piya nieta

All stories by: piya nieta