Mencegah Machine Failure dengan Daily Inspection Menggunakan Mobile App

1024 645 piya nieta

Mobile device seperti smartphone sudah menjadi barang yang wajib dimiliki oleh mayoritas orang. Ukurannya yang kecil dan banyak aplikasi yang mudah digunakan membuat mobile device sangat powerful. Nah, bagaimana jika mobile device dimanfaatkan untuk mencegah Machine Failure?

Pencegahan Machine Failure dengan Daily Inspection

Salah satu kiat pencegahan Machine Failure adalah dengan disiplin melakukan Daily Inspection. Rutinitas pengecekan yang dilakukan setiap hari, baik sebelum dan sesudah mengoperasikan mesin, dapat memberikan informasi kondisi alat secara menyeluruh sehingga mampu mendeteksi adanya anomali pada alat lebih dini. Namun, mayoritas perusahaan memiliki cukup banyak alat. Misalnya 1 kontraktor tambang memiliki 3 fleet alat. Jika 1 fleet terdiri dari 1 unit excavator, 2 unit dozer, dan 3 unit dump truck; maka perusahaan tersebut memiliki total 18 unit alat. Semakin banyak alat, manajemen maintenance alat akan semakin sulit.

Cara Lama Daily Inspection Kurang Efektif
Daily Inspection yang dilakukan manual umumnya menggunakan form checklist berbentuk kertas. Laporan yang sudah terisi biasanya dikumpulkan untuk di-input ulang ke dalam sistem menggunakan perangkat elektronik seperti komputer atau laptop. Terlalu banyak waktu dan tenaga terbuang hanya untuk melakukan proses input data, bukan begitu?

Coba Daily Inspection dengan Mobile App!

Daily Inspection yang efisien untuk mencegah Machine Failure menggunakan mobile app
Daily Inspection Menggunakan amtiss Mobile App

amtiss memiliki Checklist Management yang memudahkan aktivitas daily inspection di lapangan. Mekanik dapat mengikuti dan mengisi checklist yang sudah tersedia dalam pelaksanaan inspeksi. Laporan inspeksi yang di-input menggunakan mobile app akan terintegrasi langsung ke sistem. Bayangkan berapa jam dan tenaga yang dapat dipangkas dan dialokasikan untuk kegiatan lain jika menggunakan mobile app untuk Daily Inspection!

Kembali ke topik utama.
Mengoptimakan aktivitas Daily Inspection sama artinya dengan mengurangi tingkat kemungkinan terjadi failure. amtiss mobile app selain mempercepat dan mempermudah proses inspection, juga dapat melakukan auto-generate analytical data dari hasil inspeksi tersebut. Semakin rajin melaksanakan Daily Inspection, maka semakin banyak data yang didapat dari kondisi aset yang dapat dijadikan data analitik. Data inilah yang menjadi dasar penyusunan rencana pencegahan failure ke depannya.

Berita baik untuk Anda!
Anda bisa mendapatkan FREE DEMO untuk merasakan pengalaman manfaat dari amtiss hanya dengan mengirimkan email ke helpdesk@amtiss.com. Silahkan ikuti amtiss di media sosial: Instagram, Facebook, dan LinkedIn untuk semakin dekat dengan amtiss.

AUTHOR

piya nieta

All stories by: piya nieta