Periodical Service Excavator untuk HM 250 Pertama

1024 645 piya nieta
periodical service excavator komatsu
Ilustrasi periodical service

Periodical Service adalah perawatan yang dilakukan secara berkala dengan interval pelaksanaan berdasarkan Hour Meter (HM) atau Kilometer (KM) dari alat. Perawatan berkala ini ditujukan agar alat dapat mencapai usia maksimum dari manufaktur dan dapat beroperasi optimal dengan mengurangi kemungkinan breakdown.

Service Excavator di HM 250

Excavator, salah satu alat berat yang umum digunakan untuk earthworks pun tidak luput dari periodical service. Biasanya, excavator menggunakan interval HM untuk periodical service dimulai dari 250 jam pertama.

Lalu, apa yang harus dilakukan ketika HM excavator telah mencapai 250 jam pertama? Tidak perlu panik, Anda tinggal mengikuti tips berikut:

  1. Periksa jarak celah katup engine pada excavator
  2. Ganti oli final drive
  3. Ganti oli sistem hidrolik
  4. Ganti oli swing drive
  5. Ganti elemen filter primer dan sekunder pada sistem bahan bakar

Anda juga harus memperhatikan beberapa poin berikut saat HM 250 pertama:

  1. Meskipun alat masih baru, tetap harus mengganti beberapa part meski masa pakainya belum habis. Walau biaya yang dikeluarkan menjadi lebih besar di awal, hal ini ditujukan agar mencegah biaya membludak di periode akhir umur alat.
  2. Tetap ikuti petunjuk dan rekomendasi (termasuk bahan bakar dan pelumas)yang tertera pada buku manual dari manufaktur asal.
  3. Hindari menjalankan engine pada putaran tinggi dan menambah atau menghentikan kecepatan engine secara tiba-tiba. Hindari juga belokan tajam jika tidak benar-benar diperlukan.

Dapatkan info dan tips menarik lainnya seputar maintenance alat berat di blog dan media sosial amtiss di Instagram, Facebook, dan LinkedIn.

Temukan solusi digital untuk maintenance alat berat yang sesuai dengan perusahaan Anda dengan mengirim email ke helpdesk@amtiss.com.


Sumber:
http://khrisnaari29.blogspot.com/2014/08/pemeriksaan-harian-dan-jadwal-perawatan.html
http://mekanikkomatsu.blogspot.com/2017/08/klasifikasi-maintenance.html


Sumber foto:
https://www.equipmentworld.com/komatsu-launches-smart-construction/

AUTHOR

piya nieta

All stories by: piya nieta