Pesona Wisata Bukit & Danau Puthuk Krebet Tulungagung

1024 645 piya nieta

Bukit dan Danau Puthuk Krebet yang terletak di Kecamatan Pucanglaban Tulungagung ini lebih akrab dipanggil dengan Telaga 3 Warna. Nama ‘Telaga Warna’ bukannya asal diberikan begitu saja, namun karena 4 telaga (danau) ini memiliki 3 warna air berbeda: coklat kehitaman, hijau, dan biru. Sebagai informasi, mayoritas hanya menyebutkan 3 telaga karena 2 dari 4 telaga ini memiliki warna yang sama (hijau).

Bukit & Danau Puthuk Krebet Tulungagung
Foto Bukit & Danau Puthuk Krebet Tulungagung

Cantiknya pemandangan yang disuguhkan saat mengunjungi Bukit dan Danau Puthuk ternyata berasal dari bekas tambang, loh! Ceruk danau merupakan bekas galian aktivitas tambang tembaga, emas, timbal, dan arsenik yang telah dihentikan sejak tahun 2013 karena adanya perubahan regulasi pemerintah terkait bahan pertambangan.

4 ceruk dengan luasan dan kedalaman berbeda ini pun terisi oleh air hujan yang bercampur dengan sisa batuan dasar galian tambang. Nah, bekas tambang inilah yang membuat air danau berbeda warna.

Bukit & Danau Puthuk Krebet, Tulungagung
Foto Bukit & Danau Puthuk Krebet Tulungagung

Meski cantik, Anda harus waspada dan menahan diri untuk tidak menyentuh atau meminum air Danau Puthuk atau Telaga Warna ini. Mengapa?

Sofyan Hadi, seorang Tenaga Ahli Geologi Dinas Pekerjaan Umum Energi Sumber Daya Mineral (PUESDM) Tulungagung menyatakan bahwa air danau mengandung unsur arsenik. Arsenik merupakan bahan metaloid beracun yang memiliki tiga bentuk alotropi, yaitu kuning, hitam, dan abu-abu. Arsenik umumnya ditemukan dalam kandungan pestisida, herbisida, insektisida, dan aloy.

Arsenik yang berasal dari tembaga dan biji timah merupakan arsenik anorganik. Nah, jika kulit Anda menyentuh air danau, kulit Anda berpotensi gatal-gatal bahkan lecet. Bahkan, jika seseorang terpapar zat ini dalam jumlah banyak atau sedikit dalam waktu sering dapat menyebabkan berbagai penyakit, bahkan kanker!

Nah, jadi cukup menikmati keindahan yang disuguhkan Bukit Puthuk dan Telaga Warna di Tulungagung saja ya! Sekali lagi, hindari menyentuh atau meminum air danau ya!

(Baca juga Wisata Danau Blingoh)

Dapatkan informasi menarik lainnya tentang alat berat, maintenance, dan hal-hal berkaitan dengan industri pengguna alat berat di amtiss.com!
Ikuti juga Instagram, Facebook, dan LinkedIn untuk tetap terhubung dengan amtiss!


Sumber:
https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/jawa-timur/telaga-warna-pemandangan-eksotis-tulungagung-jawa-timur.html
https://www.solopos.com/wisata-tulungagung-wah-telaga-warna-tulungagung-kandung-arsenik-605228
https://www.tripadvisor.co.id/Attraction_Review-g3207852-d11767581-Reviews-3_Colored_Lake-Tulungagung_East_Java_Java.html
https://www.liputan6.com/citizen6/read/2317786/eloknya-4-danau-dengan-warna-berbeda-di-tulung-agung
http://www.jejaklangkah.info/2017/05/indahnya-telaga-3-warna-tulungagung.html


*Sumber gambar dapat diakses dengan klik pada foto bersangkutan

AUTHOR

piya nieta

All stories by: piya nieta