Semakin Dekat dengan Aset Melalui Digital Reporting

1024 683 s. amaliya halim

Memiliki alat berat merupakan investasi yang tidak murah bagi perusahaan. Sehingga dibutuhkan manajemen perawatan untuk menjaga kondisi alat berat itu sendiri. Karena dengan nilai tinggi diharapkan kondisi aset selalu baik agar; alat dapat bekerja dengan efektif dan efisien, rusak mendadak menjadi minim, kesiapan alat beroperasi tinggi, biaya operasi relatif rendah, usia alat menjadi optimum, keamanan kerja alat terjamin, dan harga unit bekas menjadi tinggi.

 

Namun kebutuhan mengontrol aset kadang tidak didukung dengan fasilitas yang baik. Mengakibatkan pencatatan kondisi aset atau pelaporan kerusakan aset tidak sesuai dengan yang terjadi di lapangan. Seringkali laporan tidak jelas (tidak akurat) atau dapat dimanipulasi pencatatan masih manual.

Sebagai solusi amtiss mengubah cara pelaporan konvensional menjadi digital. Menggunakan platform mobile app, amtiss membantu mengontrol aktivitas mesin. Melalui fitur asset timesheet, kita dapat mengetahui secara detil aktivitas mesin dan operator di lapangan, pencatatan hour meter, location tagging, dan lainnya. Adapun pekerjaan maintenance yang sering menemukan kerusakan mesin dapat langsung melaporkannya melalui mobile app tersebut. Pelapor dapat menggunakan scan barcode asset untuk informasi detail tentang aset yang rusak mulai dari nama, lokasi, PIC, dan record asset. Kemudian pelaporan didukung dengan validasi foto untuk memperkuat laporan kerusakan serta permintaan sparepart. Laporan yang dibuat pun langsung masuk ke sistem tertuju ke manajemen untuk segera ditindak lanjuti.

Melalui digitalisasi pelaporan aset, mengontrol dan melaporkan kondisi aset menjadi lebih cepat. Data yang dihasilkan pun lebih akurat sehingga memudahkan dalam proses analisa.