Tips Inspeksi Untuk Menunjang Kesehatan Alat Berat

1024 645 piya nieta

Salah satu cara yang dianjurkan untuk memperpanjang umur alat berat adalah dengan melakukan perawatan preventive (preventive maintenance). Perawatan ini, sesuai namanya, merupakan perawatan untuk mencegah atau mengecilkan kemungkinan terjadinya masalah sampai kerusakan pada mesin. amtiss sangat merekomendasikan Anda melakukan preventive maintenance, dimulai dari inspeksi berkala (regular inspection).

Ilustrasi: Alat Berat

Regular inspection ditujukan untuk mengetahui keadaan mesin sebelum dan sesudah operasi. Namun, apa sajakah bagian penting yang harus dicek saat melakukan inspeksi?

Berikut jawabannya:

  1. Oli
    Mengganti oli secara teratur dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar dan menghindari masalah pembakaran pada mesin. Setidaknya, gantilah oli tiga bulan sekali.
  2. Ban
    Selalu periksa tekanan ban alat untuk memastikan ban dalam kondisi optimal atau tidak kempes dan sesuai dengan kondisi lapangan. Kondisi ban yang tidak sesuai dapat memperlambat laju alat dan boros bahan bakar.
  3. Cairan
    Cek level cairan yang ada pada alat, seperti bahan bakar, hidraulik, dan cairan antibeku. Pertahankan semua carian berada pada level yang pas untuk memastikan suhu alat tidak terlalu panas atau dingin/beku. Pastikan juga tidak ada kebocoran pada reservoir dan bagian bawah mesin.
  4. Pelumas
    Komponen bergerak pada alat membutuhkan pelumas agar dapat bergerak lebih luwes dan mencegah gesekan yang berpotensi menimbulkan bahaya pada mesin.
  5. Rem
    Ingat mengecek kondisi rem pada alat berat. Selain menjaga kondisi dan produktivitas alat, aktivitas ini juga dapat meningkatkan tingkat keselamatan diri dan orang sekitar yang bekerja di dekat alat.

Dapatkan informasi lainnya seputar alat berat dan manajemen perawatan alat di amtiss.com! Ikuti juga amtiss di media sosial Instagram, Facebook, dan Linkedin untuk mendapatkan perkembangan terbaru dari amtiss!

AUTHOR

piya nieta

All stories by: piya nieta