Alasan Pentingnya Location Tracker untuk Perusahaan Pertambangan

1024 576 ferly lim

Location Tracker alat berat  merupakan alat pemantau kendaraan yang memiliki banyak manfaat karena bisa digunakan di semua jenis alat berat termasuk Dump Trucks, Excavator, Dozer, Vibro dan alat berat lainnya. Location Tracker sangat penting untuk dipasang pada alat berat karena seperti yang kita ketahui bahwa perusahaan alat berat akan menentukan harga sewa alat berat tersebut dan mematok harga tergantung dari berapa lama pemakaian alat. Location Tracker mampu melacak mesin alat berat ketika ON atau OFF sehingga para pemilik perusahaan sewa alat berat bisa mengetahui data real alat berat digunakan.Berikut ini 4 alasan pentingnya menggunakan Location Tracker bagi perusahaan pertambangan:

1. Mengawasi jam kerja secara online (HM), rute, jarak tempuh dan kecepatan armada

Selain memantau posisi alat berat, location tracker juga dapat mendeteksi kapan dan berapa lama alat bekerja / mesin menyala. Location tracker di desain secara khusus mulai dari hardware maupun aplikasinya sehingga dapat membantu pihak manajemen memantau secara online totalitas jam kerja alat berat nya yang dapat dibandingkan dengan real-time data yang terpasang di alat berat.

2. Mendeteksi keluar-masuk kendaraan di lokasi tambang

Fitur geofence dalam Location Tracker memungkinkan pihak persewaan alat berat menandai suatu area yang diperlukan untuk pelacakan. Selain itu, juga bisa mengetahui jam keluar-masuknya kendaraan dari dan ke area tambang; durasi kendaraan idle, berjalan, dan stop; serta jarak tempuh dan kecepatan maksimum kendaraan di dalam geofence. Bahkan bisa mendapat peringatan secara real-time saat kendaraan atau peralatan berat dibawa ke luar area tambang, siapapun bisa mengatur nya. Notifikasi dapat dikirim melalui sms ataupun e-mail.

3. Mencegah penyelewengan operator atas pemakaian alat berat diluar kesepakatan persewaan

Banyak kecurangan yang terjadi di lapangan dengan memanipulasi jam kerja pada alat berat yang dapat merugikan perusahaan sewa alat berat akibat dari “tercuri” jam sewanya, walaupun telah ada kesepakatan hitam diatas putih antara pihak persewaan dan pihak penyewa. Dengan memasang Location Tracker pada alat berat dapat mencegah kecurangan dan mengurangi kerugian yang dialami perusahaan sewa alat berat, karena dapat memantau jam kerja secara online yang kemudian dicocokkan dengan data offline di lapangan.

4. Mencegah kerusakan peralatan 

Perangkat Location Tracker yang dipasang pada mesin serta peranti mekanik dapat mencatat odometer serta durasi penggunaan, istirahat, dan idle peralatan. Hal ini akan memudahkan dalam pengecekan dan pemeliharaan aset. Ada jadwal servis beserta notifikasi dari aplikasi yang dikeluarkan perusahaan Location Tracker. Selain itu, ada peringatan saat perilaku pengendara dianggap berisiko, misalnya melewati batas kecepatan. Fitur-fitur tersebut dapat menjadi upaya pencegahan terhadap kerusakan mesin akibat penggunaan berlebihan dan perilaku berkendara yang berisiko.

Seperti yang sudah Anda baca di atas, bantuan teknologi Location Tracker membuat pengelolaan aset menjadi lebih efisien dan efektif. Dapatkan info dan tips menarik lainnya seputar maintenance, alat berat, dan industri pengguna alat berat di Instagram, Facebook, dan LinkedIn amtiss.

Temukan solusi digital dan IoT untuk maintenance alat berat perusahaan Anda melalui email ke helpdesk@amtiss.com.

Salam Maintenance Masa Kini!