Expert Said #2 Andre Alis: “Mengontrol Kegiatan di Site? Itu Kuncinya.”

1024 358 s. amaliya halim

Dikatakan oleh Andre Alis bahwa  perkembangan pertambangan selalu naik turun. Setiap perusahaan harus sadar akan tantangannya dan sudah merencanakan setiap tindakan kedepannya matang-matang.

Menurut Andre Alis, ada beberapa tantangan yang harus dihadapi para pelaku bisnis tambang di Indonesia. Pertama, regulasi untuk melakukan produksi tambang. Sering kali kurang koordinasi antar departemen pemberi izin, sehingga para pebisnis tambang butuh waktu yang lama untuk meminta izin ke beberapa pihak. Kedua, banyak perusahaan tambang yang kurang modal informasi atau riset sebelum produksi (eksplorasi). Ketiga, terkait infrastruktur yang terkadang harus dibangun sendiri oleh para penambang. Seperti jalan, jembatan, dan lainnya. Dimana ini akan menyulitkan bagi perusahaan tambang kelas menengah dan kecil. Terakhir masalah pendanaan, dinyatakan Andre Alis ini menjadi salah satu faktor mengapa perusahaan tambang minim eksplorasi.

Andre Alis yang merupakan ahli pertambangan dengan pengalaman lebih dari 29 tahun, antara lain dalam bidang-bidang engineering, operation, consulting, advisory, dan project development memahami sekali bagaimana praktek di lapangan. Dikatakannya, mengontrol aktivitas di site adalah kunci dari mengontrol biaya operasional. Karena dengan mengontrol langsung kegiatan di lapangan, perusahaan dapat mengetahui apakah eksekusi di lapangan sudah sesuai dengan perencanaan yang dibuat atau belum. Dan yang terpenting, dapat segera mengambil tindakan untuk setiap masalah. Secara teori menurut Andre Alis, perusahaan harus menjalankan Plan, Do, Check, dan Action.

Tahapan check tersebut termasuk monitor dan review hasil eksekusi perencanaan. Monitor itu sendiri dikatakan oleh Andre dapat dilakukan secara langsung ataupun diwakili oleh sistem. “Ya saat ini sudah mudah, serba canggih. Tidak melulu monitor itu kita hadir di site. Beberapa sudah ada kamera cctv yang bisa kontrol 24 jam, bisa juga dengan software lainnya yang digunakan oleh para pekerja sehingga pekerjaannya dapat kita monitor”, jelasnya. Dengan kegiatan monitoring yang baik, akan membantu pengambilan keputusan yang tepat waktu bahkan tindakan pencegahan. Disimpulkan oleh Andre, setiap operasional akan baik jika sudah melakukan perencanaan yang baik sejak awal.