PA, MA, UA, EU – Indikator Produktivitas Alat Berat

1024 1024 ferly lim

PA, MA, UA, dan EU sering kali menjadi acuan perhitungan produktivitas utama sebuah alat berat. Apalagi bila anda bergerak di bidang Rental/Sewa Alat Berat, dimana produktivitas atau ketersediaan alat berat anda sering kali dijadikan acuan pembayaran oleh penyewa.

PA, MA, UA, dan EU sendiri bisa anda dapatkan melalui timesheet yang biasanya diisi oleh operator unit. Melalui timesheet tersebut, anda harus mendapatkan :

  1. Jam Operasi : total jam unit bekerja
  2. Jam Standby : total jam unit standby/idle karena faktor eksternal seperti hujan, jalan rusak, istirahat, dll.
  3. Jam Breakdown : total jam maintenance karena faktor internal seperti adanya kerusakan, service maintenance unit, dll.
  4. Jam Kerja : total keseluruhan aktivitas unit pada hari tersebut. Jam Kerja bisa anda dapatkan dengan menggabungkan seluruh hasil Jam Operasi, Jam Standby, dan Jam Breakdown

Setelah mendapatkan keempat data jam itulah anda akan dapat menemukan ukuran produktivitas unit anda dengan rumus sebagai berikut:

PA (Physical Availability) : Angka yg menunjukan persentase ketersediaan suatu alat beroperasi dengan memperhitungkan kehilangan waktu yg dikarenakan selain sebab mekanis, misalnya hujan, jalan rusak, istirahat, dll.

MA (Mechanical Availability) : Angka yang menunjukan persentase suatu alat untuk beroperasi dgn memperhitungkan kehilangan waktu sebab-sebab mekanis, misalnya repair, perawatan, perbaikan, dll.

UA (Use Of Availability) : Angka yg menunjukan berapa persen waktu yg digunakan oleh suatu alat untuk beroperasi pada saat alat dpt digunakan

EU (Effective Utilization) : Angka yang menunjukan berapa persen waktu yang digunakan untuk beroperasi oleh suatu alat dan seluruh waktu yang tersedia.

Gunakan rumus diatas untuk mendapatkan perhitungan produktivitas unit anda secara akurat. Atau, terapkan sistem produksi atau maintenance (seperti amtiss) untuk menginput data timesheet anda dan langsung dapatkan total PA, MA, UA, dan EU anda!

Salam Maintenance Masa Kini!