Daerah Penghasil Batubara Terbesar di Indonesia

1024 576 ferly lim

Seperti yang kita ketahui bersama, Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah, salah satunya adalah batubara. Pengaruh Indonesia di pasar batubara internasional cukup besar. Mungkin banyak yang mengira daerah penghasil batu bara di Indonesia adalah Kalimantan, ternyata bukan hanya Kalimantan, ada beberapa daerah di Indonesia yang menghasilkan batu bara terbesar, apa sajakah itu? Ayo kita lihat!

1. Meulaboh, Aceh Barat

Daerah Indonesia pertama yang merupakan penghasil batubara terbesar adalah Aceh Barat, Wilayah ini merupakan salah satu daerah penghasil batubara dengan kualitas terbaik di Indonesia. Wilayah penghasil batubara yang melimpah di Aceh Barat antara lain Meulaboh, Kecamatan Kaway XVI. Di daerah ini, terdapat 15 lapisan dengan kedalaman mencapai 100 meter. Lapisan batubara tersebut memiliki ketebalan sekitar 0,5-9,5 meter. Cadangan batubara di daerah ini mencapai 500 juta ton dengan kedalaman 80 meter.

2. Sawahlunto, Sumatera Barat

Daerah penghasil batubara terbesar kedua di Indonesia terletak di Sawahlunto, Sumatera Barat. Industri pertambangan di kawasan ini sudah terkenal sejak abad 19. Tepatnya dimulai pada tahun 1860-an ketika Indonesia masih di bawah dukungan penjajah Belanda. Tambang pertama di Sawahlunto bernama tambang Ombilin. Hingga saat ini, tambang tersebut merupakan tambang tertua di Indonesia. Kualitas batubara yang dihasilkan dari penambangan tersebut tidak perlu diragukan lagi.

3. Tanjung Enim, Sumatera Selatan

Pindah ke Sumatera Selatan, atau lebih tepatnya di Tanjung Enim, Anda juga bisa menemukan kawasan pertambangan batu bara terbesar di Indonesia. Lokasi persis area penambangan ini adalah Bukit Asam. Saat ini, tambang tersebut dapat memproduksi 1.500 hingga 1.700 ton batu bara per jam, Kapasitas besar ini ditopang oleh kereta loader yang mampu memuat 2.800 meter kubik batu bara per jam. Tambang tersebut telah beroperasi di bawah pengelolaan kolonial Belanda sejak tahun 1919. Namun, sejak 1950, bisnis ini dialihkan ke pemerintah Indonesia.

4. Sorong, Papua

Beranjak ke ujung Indonesia, tepatnya di daerah Sorong, Anda juga bisa menemukan tambang batu bara besar yang terkenal. Daerah penghasil batubara ini sudah lama mengadopsi teknologi canggih, yaitu coal blending untuk mengekstrak batubara. Sejauh ini, kualitas batubara Sorong memiliki reputasi dunia.

5. Pulau Laut, Kalimantan Selatan

Berikutnya adalah Pulau Laut di Kalimantan Selatan lebih tepat nya berada di Kota baru. Batubara yang ditambang disini memiliki kualitas yang tidak kalah dengan tempat lain, dan banyak diekspor ke luar negeri seperti Jepang, China, dan Amerika Serikat.

6. Samarinda, Kalimantan Timur

Sungai Belau di wilayah Samarinda Kalimantan Timur juga merupakan salah satu daerah penghasil batubara terbaik di Indonesia. Kualitas batubara yang dihasilkan di sini juga mumpuni dan dapat diekspor ke Jepang, China, Singapura, Amerika Serikat dan negara-negara lain di dunia.

7. Lahat, Sumatera Selatan

Kembali di Sumatera Selatan, daerah Lahat juga dikenal sebagai salah satu daerah penghasil batubara terbesar di Indonesia. Daerah-daerah tersebut antara lain Desa Tanjung Baru, Kebur Telatang, Muara Maung, Merapi, Sirah Pulau, Gunung Kembang, Prabumenang, Banjarsari dan Arahan, serta kualitasnya tidak kalah dengan tempat lain. Nah inilah daerah penghasil batubara terbesar di Indonesia.

Source: 5 Daerah Ini Jadi Penghasil Batubara Terbesar di Indonesia, by IT Admin, ilmutambang.com

Written by: Nuanisa Hanatita