PT Bumi Resources Bersiap Gasifikasi

1024 645 piyanieta

PT Bumi Resources Tbk dalam proses persiapan proyek gasifikasi dalam rangka mendukung program hilirisasi komoditas tambang. Proyek gasifikasi memang sudah dan sedang digencarkan pemerintah. Salah satu alasannya adalah untuk mengurangi ketergantungan import bahan bakar gas.

Melalui gasifikasi ini, PT Bumi Resources berharap dapat meningkatkan nilai tambah batubara dan menjadi opsi solusi kebutuhan domestik maupun ekspor.

Gasifikasi batubara
Ilustrasi Batubara

Apa itu Gasifikasi?
Gasifikasi adalah teknologi mengubah bahan yang mengandung zat karbon (batubara, limbah, biomassa) menjadi synthetic gas (gas sintesis). Synthetic gas ini dapat digunakan untuk menghasilkan listrik dan hasil berharga lainnya, seperti bahan kimia dan bahan bakar. Proses gatifikasi ini memerlukan sedikit atau tidak ada oksigen/udara dalam reaktor yang tertutup.

Selain untuk memberikan nilai tambah bagi batubara, gasifikasi juga dapat mengurangi penimpunan maupun pembakaran limbah dan material lain yang mengandung karbon.


Keterangan
Biomassa: bahan organik atau fosil atau limbah terbiodegradasi yang dapat menjadi bahan bakar

Sumber info:
https://www.studentenergy.org/topics/gasificationhttps://duniatambang.co.id/Berita/read/360/PT-Bumi-Resources-Tbk-BUMISiap-Garap-Gasifikasi

Author

piyanieta

All stories by: piyanieta