Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Bahan Bakar

1024 660 ferly lim

Aktivitas utama dalam industri pertambangan biasanya didominasi oleh load dan haul operations dimana kedua operasi tersebut mengandalkan dump truck dan excavator sebagai alat berat utamanya. Kedua aktivitas tersebut merupakan aktivitas yang paling tinggi dalam biaya operasi yang biasanya diambil dari jumlah pemakaian solar (fuel) dan maintenance untuk ban (tyre). Menurut Professor Bozorgebrahimi dari University of British Columbia, hauling sendiri menyumbang sekitar 46% dari seluruh total biaya operasi.

Dengan kondisi seperti itu, perusahaan industri pertambangan berupaya mengurangi biaya operasional dengan mengendalikan konsumsi solar yang banyak digunakan dalam proses hauling.  Oleh karena itu, penilaian terhadap faktor-faktor penggunaan solar menjadi perhatian utama bagi perusahaan.

Berikut adalah beberapa faktor yang mempengaruhi penggunaan solar:

Berdasarkan variabel-variabel diatas, dapat disimpulkan bahwa konsumsi solar merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap persaingan dalam industri pertambangan. Asset, Lingkungan, Operasi dan lainnya ikut menjadi penilaian terhadap efektivitas dan efisiensi sebuah perusahaan industri pertambangan.

Saat ini industri pertambangan masih kekurangan metode yang mampu menilai dan mengukur aspek-aspek yang berpengaruh terhadap pemakaian solar secara efektif. Metode yang diciptakan biasanya masih menggunakan perkiraan dan standar yang berbeda-beda di setiap perusahaan. Namun, selama beberapa tahun terakhir telah diciptakan berbagai teknologi terbaru yang meningkatkan keakuratan dalam mengukur konsumsi bahan bakar pada asset di industri pertambangan dan mampu mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi bahan bakar dengan cara yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan, yaitu Digitalisasi menggunakan teknologi  Internet of Things (IoT).

Tidak dapat dipungkiri bahwa digitalisasi telah berdampak besar dalam seluruh sektor bisnis, termasuk pada industri pertambangan. Dengan menggunakan teknologi IOT Device di industri pertambangan saat ini, anda dapat mengetahui kondisi, lokasi, dan machine health asset anda secara remote dengan hasil yang aktual dan bersifat real time. IoT Device akan mengirimkan berbagai alert dan report apabila terjadi anomali pada asset, termasuk dalam konsumsi solar.

Salah satu device IoT yang dapat digunakan dalam industri pertambangan adalah ARMS. ARMS (Asset Remote Monitoring System) merupakan sebuah terobosan baru dari amtiss untuk mengawasi berbagai kondisi dan pergerakan asset secara remote. Dalam hal ini, ARMS dapat mengawasi penggunaan solar pada asset sehingga dapat mencegah terjadinya konsumsi solar berlebih, dan dapat menganalisa sumber masalah pada pemakaian solar.

Dapatkan info dan tips menarik lainnya seputar maintenance, alat berat, dan industri pengguna alat berat di Instagram, Facebook, dan LinkedIn amtiss.

Temukan solusi digital IoT untuk maintenance alat berat perusahaan Anda melalui email ke helpdesk@amtiss.com.

Salam Maintenance Masa Kini!

Source : Journal of Environmental Management, dan Sustainability through the Digitalization of Industrial Machines: Complementary Factors of Fuel Consumption and Productivity for Forklifts with Sensors