Istilah-Istilah Dalam Dunia Tambang Yang Harus Diketahui

626 432 Dewi Oktavia

Dalam suatu ruang lingkup pekerjaan biasanya terdapat istilah-istilah khusus yang berhubungan dengan pekerjaan tersebut. Tujuannya untuk mempermudah dalam memahami pekerjaan tersebut, serta membedakannya dengan istilah di dalam pekerjaan lainnya.  Istilah dalam dunia tambang, tergolong banyak.

Berikut ini beberapa istilah penting yang sering dijumpai pada dunia pertambangan, khususnya tambang bawah tanah.

  • Stope

Stope ialah suatu tempat atau ruangan pada tambang bawah tanah dimana endapan bijih sedang di tambang. Stope dapat diartikan sebagai proses pengambilan tapi bukan penggalian yang dilakukan selama development serta sebagai penyimpanan sementara ore. Proses pemilihan stope ini melalui beberapa pemeriksaan terlebih dahulu, seperti pemeriksaan keadaan jumlah ore serta keamanan area penggalian.  

  • Culvert

Culvert diartikan sebagai gorong-gorong atau parit yang dibuat di sekitar area tambang untuk aliran air. Tujuannya untuk menampung air hujan yang masuk ke tambang dan dialirkan ke luar. Culvert terbuat dari beton atau plat baja, agar tahan lama.

  • AMD

Acid Mine Drainage (AMD) ialah proses pengaturan air asam yang terdapat di area pertambangan. AMD sangat diperlukan untuk mengetahui letak air asam yang ada di sekitar tambang agar tidak mengganggu proses penggalian, diketahui bahwa air asam mampu merusak alat-alat pertambangan yang membuat proyek menjadi terhambat.

  • Ore

Istilah nama lain dari ore ialah bijih, yaitu batu hasil galian dari pertambangan berbahan mineral yang tinggi nilai harganya. Ore dapat berupa logam maupun nonlogam dan untuk meningkatkan kualitas ore, biasanya beberapa proses seperti pengolahan serta pemurnian sangat dianjurkan.

  • Chute

Chute merupakan istilah dalam dunia tambang untuk lubang kecil yang menghubungkan level yang paling tinggi hingga level yang paling rendah. Fungsi dari chute sebagai corong yang digunakan untuk memindahkan ore. Proses ini memanfaatkan gaya gravitasi, sehingga ore dapat jatuh dengan sendirinya, sehingga memudahkan proses pemindahan ore.

  • Cut and Fill

Cut and fill merupakan dua istilah yang saling berhubungan, yakni untuk kegiatan memotong serta menimbun hasil galian.

  • Shaft

Shaft merupakan suatu lubang galian bukaan vertikal atau miring yang menghubungkan tambang bawah tanah dengan permukaan bumi. Biasanya shaft sendiri berbentuk sangat panjang dan dan berfungsi sebagai jalan pengangkutan karyawan, alat- alat kebutuhan tambang, ventilasi, penirisan, dll.

  • Level

Level adalah drift atau cross cut yang dibuat dengan jarak – jarak yang teratur ke arah vertikal dan biasanya diberi nomor- nomor urut secara teratur menurut ketinggiannya dari permukaan laut atau menurut kedalamannya dari permukaan bumi. Terkadang, level selalu dihubungkan dengan shaft karena memiliki kesamaan yaitu sama-sama merupakan lubang galian. Level digunakan untuk akses para pekerja agar bisa masuk area pertambangan, ataupun mengangkut alat-alat pertambangan dan hasil tambang.

  • Delay

Merupakan istilah untuk menjabarkan waktu yang terbuang, namun dapat dikendalikan secara sengaja oleh manusia. Misalnya seperti waktu istirahat.

  • Cycle Time

Istilah ini menjelaskan untuk rentang waktu yang digunakan dalam suatu pekerjaan di area tambang dengan menggunakan satu alat.

  • Dilution

Dilution adalah istilah untuk hasil tambang yang tercampur dengan material lainnya yang berada di luar area tambang.

  • Disposal

Istilah yang sudah tidak asing akan penggunaan katanya. Disposal sendiri mengartikan sebagai  suatu area yang digunakan untuk pembuangan material yang tidak berguna akibat dilution.

  • Fleet

Istilah ini digunakan untuk menjelaskan atau menjabarkan sekumpulan alat-alat berat, yang memiliki fungsi untuk pembuatan area tambang ataupun pengangkutan hasil tambang, seperti bulldozer, excavator, truck dan alat-alat berat pendukung lainnya.

  • End Wall

Istilah ini memiliki arti akhir dari area pertambangan. Biasanya berbentuk dinding tinggi dan terdapat paling ujung area tambang.

  • Idle

Kata ini merupakan istilah lain untuk waktu yang terbuang dalam proses penambangan, akibat terjadinya hal-hal yang tidak dapat dikendalikan oleh manusia. Biasanya terjadi karena faktor alam dan lingkungan, seperti hujan, kabut, dan lainnya.

sumber : https://www.agincourtresources.com/read-agincourt/inilah-istilah-dalam-dunia-tambang-yang-perlu-kamu-ketahui

Author

Dewi Oktavia

All stories by: Dewi Oktavia