Eloknya Wisata Tambang: Tebing Breksi, Yogyakarta.

882 614 Yohanna Yuanita

Sudah pernahkah teman-teman mengunjungi Tebing Breksi?

Destinasi wisata yang terletak di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman ini merupakan bekas lokasi penambanganan loh. Tepatnya yaitu penambangan batu alam sebagai bahan baku dekorasi bangunan. Namun, pada tahun 2014 pemerintah memberhentikan adanya aktivitas penambangan di lokasi ini dengan tujuan menjaga kelestarian lingkungan.

Akibat adanya penutupan tersebut, warga sekitar kemudian secara kreatif mengolah lokasi bekas penambangan tersebut menjadi lokasi wisata. Sejak resmi dibuka tanggal 23 Mei 2015, jumlah pengunjung Tebing Breksi terus meningkat hingga berkali-kali lipat. Pengunjung yang datang bisa menikmati indahnya pemandangan sunset di pinggir tebing, melakukan swafoto dengan atribut yang disediakan oleh petugas, serta terdapat mobil off road yang bisa dikendarai untuk berkeliling sekitar lokasi. Seru ya! Tiket masuk ke lokasi ini dibanderol Rp 5000/orang.

sumber : https://www.instagram.com/risa_zulfiana

Ide kreatif pengelolaan lokasi bekas tambang ini ternyata mampu mensejahterahkan warga sekitar loh. Dikutip dari Tempo.co, menurut catatan Kementrian Pariwisata dan Kementrian Kreatif, angka kemiskinan di daerah tersebut turun dari 16 persen menjadi 11 persen. Hal ini dapat menjadi bukti bahwa dengan adanya kreatifitas, bekas lokasi tambang dapat diubah menjadi lokasi baru yang bermanfaat. Bagi teman-teman yang ingin berkunjung, tetap ingat untuk melaksanakan protokol kesehatan dan menjaga kebersihan ya!

Dapatkan informasi menarik lainnya tentang wisata tambang, alat berat, maintenance, dan industri pengguna alat berat di amtiss.com. Ikuti juga akun Instagram, Facebook, dan LinkedIn agar tetap terhubung dengan Amtiss!

Sumber :

https://travel.detik.com/domestic-destination/d-4433491/tebing-breksi-contoh-nyata-bekas-tambang-yang-jadi-tempat-wisata

https://travel.tempo.co/read/1464393/sandiaga-uno-jadi-wisatawan-ke-174-di-destinasi-wisata-tebing-breksi-yogyakarta

Author

Yohanna Yuanita

All stories by: Yohanna Yuanita