KRISIS ENERGI DI CHINA. APA PENYEBABNYA?

1024 576 ferly lim

Unsplash.com/Dominik Vanyi

Perselisihan Dagang dengan Australia

Dengan adanya larangan penjualan terhadap China dari Australia, Negara Bambu tersebut kesulitan memenuhi kebutuhan energi Batubara sehingga harus mencari sumber energi tersebut dari Negara lain. Upaya untuk menggantikan batubara dari India juga nihil karena India sendiri kesulitan dalam memnuhi quota produksinya tahun ini akibat Covid-19. Oleh karena itu, diketahui bahwa saat ini Indonesia merupakan pemasok utama Batubara untuk China.

COVID-19

Covid-19 nampaknya masih sangat berpengaruh terhadap proses bisnis dan ekonomi di berbagai negara. Salah satu contohnya adalah di India.

Sebagai salah satu pemasok Batubara utama dunia, produksi Batubara di negara tersebut mengalami penurunan secara drastis di tahun ini. Akibatnya, jangankan untuk melakukan import ke Negeri Bambu, India sendiri kesulitan untuk memenuhi kebutuhan energi di negaranya.

Kebijakan Mengurangi Emisi Karbon di China

Serangkaian kebijakan pemerintah China untuk mengurangi emisi karbon, mengakibatkan adanya pemadaman listrik sehingga menghambat berbagai macam produksi di China.

Kecelakaan di Produksi Dalam Negeri

Beberapa tambang utama di China ditutup oleh Pemerintah akibat terjadinya kecelakaan mematikan karena regulasi Health & Safety yang belum sesuai aturan