Transformasi Digital di Segala Bidang, Termasuk di Pemerintahan

1024 576 ferly lim

Saat ini Transformasi digital dilakukan di segala bidang, termasuk pada bidang mining. Pemerintah sendiri sudah beberapa tahun belakangan melakukan transformasi digital dengan mecniptakan proses administrasi pemerintahan berbasis elektronik. 

Melalui pemerintahan berbasis elektronik yang dijalani, dapat dibuktikan adanya peningkatan pada efisiensi dan efektivitas kerja Aparat Sipil Negara (ASN). Kelebihan dari transformasi digital ini adalah:

  • ASN dapat menggunakan waktu mereka dengan lebih optimal untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang menambah nilai (value added activities),
  • Lebih fleksibel untuk membentuk tim kerja yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan pelaksanaan pekerjaan, sehingga keputusan yang dihasilkan lebih maksimal
  • Mempermudah proses sharing file/data serta monitoring data dalam bentuk dashboard, dan
  • Meningkat kualitas pekerjaan yang dihasilkan.

Dengan berhasilnya penggunaan transformasi digital yang dilakukan pemerintah secara internal, pemerintah mendorong program digitalisasi ini ke seluruh industri bisnis lain, termasuk ke industri pertambangan dan konstruksi. Apabila program ini berhasil, ke depannya akan banyak tercipta pekerjaan baru untuk industri-industri tersebut, namun ada beberapa pertanyaan yang harus dicetuskan didepan, seperti:

  • Bagaimana dengan produktivitas kita? Apakah dengan melakukan digitalisasi dapat meningkatkan produktivitas yang sama pada industri ini seperti pada pemerintah? 
  • Bagaimana dengan tingkat kompleksitas sistemnya? Apakah sistem sudah berjalan sesuai standar yang berlaku atau sesuai standar kerja yang kita lakukan saat ini?
  • Seberapa rumit pengaplikasian sistemnya? Karena sumber daya manusia yang kompeten di bidang pertambangan dan kosntruksi saat ini belum tentu memiliki skill set yang dapat diterapkan pada bidang teknologi.

Ketiga pertanyaan tersebut adalah pertanyaan yang valid. Namun, dengan adanya perkembangan teknologi yang pesat, kita harus terus mengikuti perkembangan tersebut agar tidak tertinggal.

Jadi tunggu apalagi, bagi kamu yang saat ini masih menggunakan sistem manual, yuk segera beralih kepada sistem maintenance agar tidak tertinggal. Mari #BeraniPakaiSistem bersama amtiss.

Written by : Nuanisa